Wednesday, June 9, 2010

EMPAT SINYAL KEKURANGAN GIZI

1.Kulit kering, kasar dan bersisik
Kondisi ini menandakan anda kekurangan vitamin A. Artinya anda kurang mengkonsumsi buah dan sayuran berwarna. Perbanyaklah makan bayam, kangkung, wortel, brokoli, labu kuning, ubi jalar, daun kemangi, tomat daun peterseli dan selada air.

2.Rambut kusam, kering dan tak berkilau
Biasanya disebabkan oleh kekurangan protein atau zat besi. Kondisi ini sering terjadi pada wanita yang menjalani diet sembarangan, tanpa memperhatikan kecukupan asupan nutrisi. Untuk mengatasinya, atur kembali program diet anda. Berkonsultasilah pada ahli gizi. Santap makanan yang kaya akan protein nabati. Khususnya yang mengandung biotin (kelompok vitamin B kompleks) untuk mengembalikan kesehatan rambut (dan kuku) anda. Vitamin ini, terdapat pada kacang merah, kacang hijau. kedelai, tempe dan kembang kol.

3.Sendi sendi terasa ngilu
Kemungkinan anda sangat kurang mengkonsumsi ikan. Padahal, asam lemak omega 3 yang banyak terdapat pada ikan, terutama salmon dan tuna berkhasiat “melumasi” persendian tulang sehingga dapat digerakkan dengan mulus. Omega 3 ini juga bermanfaat melancarkan aliran darah sehingga dapat mengurangi radang dan ngilu pada sendi. Santaplah hidangan ikan, minimal 2 kali seminggu.

4.Sulit buang air besar
Sembelit merupakan tanda bahwa anda kurang mengkonsumsi serat. Tubuh rata rata memerlukan 25-35 gram serat setiap hari. Sayangnya menurutpenelitian USDA Human Nutrition Research Center di Boston, kebanyakan wanita terutama yang bekerja, hanya menyantap separuhnya. Santaplah sereal, salad atau gado gado saat pagi hari. Konsumsilah apel satu kali sehari. Dalam sebuah apel mengandung 20% serat yang anda butuhkan setiap hari.

0 komentar:

Post a Comment

 
;