Tuesday, June 19, 2012

Menilik Khasiat Buah Naga


Buah naga, nama yang unik…
Tapi, buah yang mulai menjadi sector andalan di beberapa daerah ini cukup ramah bagi kesehatan. Ia dipercaya memiliki khasiat, diantaranya sebagai :
  • ·         Penyeimbang kadar gula darah
  • ·         Pelindung kesehatan mulut
  • ·         Pencegah kanker usus
  • ·         Mengurangi kolesterol
  • ·         Pencegah pendarahan
  • ·         Mengobati keluhan keputihan
  • ·         Menguatkan fungsi ginjal dan tulang
  • ·         Meningkatkan daya kerja otak
  • ·         Meningkatkan penglihatan
Meski tanaman ini telah mudah ditemui, namun tak banyak orang yang mengerti secara mendalam khasiat tersembunyi dibalik buah naga.
Bentuknya yang berbeda dari buah-buah kebanyakan, kian menonjolkan keistimewaan dari buah yang penuh manfaat ini. Dalam perkembangannya, kehadiran buah naga juga kerap menorehkan berbagai peran lain.
Masyarakat China kuno menganggap buah naga lebih dari sekedar buah dengan beragam manfaat. Buah dengan kulit yang menyerupai sisik ular besar ini sering menjadi pendamping dua patung di meja altar persembahan. Setiap perayaan Tahun Baru Imlek buah ini juga disajikan, dan menjadi salah satu sajian wajib karena diyakini membawa berkah.
Padahal ditempat asalnya, Meksiko, buah naga justru dipandang sebelah mata. Baru setelah dibawa ke Vietnam, tanaman buah naga mulai dibudidayakan secara luas sebelum akhirnya berkembang ke Negara Asia Tenggara. Di Vietnam  buah naga disebut Thanh Long atau clever dragon sedangkan masyarakat China menyebutnya dengan Feuy Long Kwa. Di daerah Meksiko, buah naga hadir dengan sebutan Pitahaya. Buah naga sendiri memiliki warna kulit yang menyala, kulitnya juga tidak mulus melainkan berlapis sehingga mirip sisik ular besar atau naga. Isi buahnya berwarna putih, merah atau ungu dengan taburan biji-biji berwarna hitam. Tekstur isinya seperti selasih dengan citarasa seperti buah kiwi.
Banyak sumber mengatakan buah naga memiliki beragam khasiat. Buah ini dipercaya menyembuhkan penyakit dari gula darh hingga menurunkan kolesterol. Meski demikian belum ditemukan sejumlah sampel yang menunjukkan pengkonsumsi buah naga ini terbebas dari penyakit-penyakit tersebut, namun, para ahli meyakini bahwa buah ini memang berkhasiat dalam mencegah berbagai penyakit.
  • Kandungan buah naga :
·         Vitamin C
·         Serat
·         Kalsium
·         Zat besi
·         Fosforus

s Sumber : katalog hypermart

2 komentar:

Toko Online Ramuan Madura said...

mksih infox mg makin sukses gan..

buah naga said...

wah mantap khasiatnya yah

Post a Comment

 
;