Tuesday, June 19, 2012

Keunggulan dan kelemahan Wawancara dan Questionaire



Metode Pengumpulan Data
Keunggulan
Kelemahan
Mail Questionaire
·         Kerahasiaan reponden terjaga.
·         Mempunyai sebaran responden secara geografis luas
·         Souvenir  dapat disertakan agar memotivasi responden
·       Responden memiliki kebebasan mengatur waktu pengisian sesuai pfererensi mereka masing-masing
·         Dapat dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan teknologi informasi. Misal lewat e-mail, fax dan lain sebagainya.
·         Tingkat pengembalian relatif rendah (biasanya di bawah 30% dari responde yang mengisi kuesionaer)
·         Jika ada yang tidak jelas, responden tidak dapat meminta penjelasan
·         Diperlukan prosedur tambahan untuk memproses yang tidak kembali
Electronik Questionaire
·         Mudah untuk mengelolanya
·         Mempunyai daya jangkau luas
·         Sangat murah
·         Sangat cepat untuk dikirimkan
·         Responden memiliki kebebasan mengatur waktu pengisian sesuai preferensi mereka masing0masing
·         Responden harus dapat mengoperasikan komputer secara baik
·         Responden harus mempunyai akses yang cukup leluasa pada internet.
Telephone Questionaire
·         Lebih murah dan lebih cepat dari personel interview
·         Dapat menjangkau area geografis luas
·         Tingkat kerahasissan lebih tinggi dari personal interview
·         Tidak dapat melihat nonverbal clues
·         Proses wawancara harus singkat
·         Data nomor telephon dapat berubah, sehingga memungkinkan sekelompok responden harus dibatalkan sebagai sampel karena tidak dapat dihubungi
Personally Administred Questionaire
·         Dapat memotivasi responden serta identifikasi non-verbal clues
·         Keraguan dari responden dapat dikurangi, karena peneliti dapat memklarifikasi pertanyan responden
·         Hampir 100% dari kuesionaire dapat diterima kembali
·         Tingkat kerahasiaan tinggi

·         Organisasi tempat responden bekerja kemungkinan akan keberatan, jika karyawannya harus mengisi kuesioner di tempat kerja, Karen aakan mengganggu pekerjaan.
Personal or face to face
·         Dapat memotivasi responden
·         Dapat berbagai kebingungan yang dialami responden
·         Dapat menangkap aspek non verbal dari responden saat menjawab
·         Data dapat diperkaya dengan bernagai macam pertanyaan tambahan, bila di pandang perlu
·         Memerlukan waktu banyak
·         Biaya akan menjadi besar bila harus meng-over letak geografis besar
·         Responden mungkin sangat tertutup mengngat mereka harus memberikan informasi kepada orang asing
·         Penelitit harus memiliki bekal keahlian untuk melakukan wawancara
·         Responden dapat berhenti dalam menjawab pertanyaan serta meminta wawancara dihentikan, apabila dia merasa tidak nyaman dengan proses wawancara tersebut

0 komentar:

Post a Comment

 
;