Tuesday, February 22, 2011

Elemen-elemen Dasar Laporan Keuangan

Salah satu aspek penting dalam pengembangan struktur teori adalah penentuan elemen-elemen laporan keuangan. Ada 10 elemen utama laporan keuangan (Efraim Ferdinan Giri: 1993) yaitu :

1. Aktiva ( assets )

Yaitu manfaat ekonomik yang mungkin dimiliki atau dikendalikan oleh perusahaan tertentu di masa yang akan datang, sebagai hasil kejadian masa lalu.

2. Kewajiban ( liabilities )

Yaitu manfaat ekonomik yang mungkin dikorbankan dimasa yang akan datang yang timbul dari kewajiban kini suatu perusahaan untuk mentransfer aktiva atau memberikan jasa kepada perusahaan lain, sebagai hasil kejadian atau transaksi masa lalu.

3. Ekuitas ( equity )

Yaitu kepentingan residu terhadap aktiva suatu entitas yang dihasilkan dari pengurangan aktiva dengan kewajiban.

4. Investasi

Yaitu kenaikan dalam aktiva bersih perusahaan tertentu yang dihasilkan dari transfer sesuatu yang memiliki nilai dari perusahaan lain kepada perusahaan, untuk mendapatkan atau menaikkan kepentingan kepemilikan.

5. Distribusi

Yaitu penurunan dalam aktiva bersih suatu perusahaan tertentu yang dihasilkan dari transfer aktiva, penyerahan jasa atau terjadinya kewajiban kepada pemilik.

6. Penghasilan komprehensif

Yaitu perubahan dalam ekuitas ( aktiva bersih ) suatu entitas selama periode tertentu yang dihasilkan dari transaksi atau kegiatan dengan pihak bukan pemilik.

7. Pendapatan

Yaitu aliran masuk atau kenaikan aktiva atau penurunan kewajiban suatu perusahaan ( atau kombinasi keduanya ) selama periode tertentu yang timbul disebabkan oleh kegiatan produksi barang, pengiriman barang, penyerahan jasa atau kegiatan lain yang merupakan kegiatan pokok perusahaan.

8. Biaya

Yaitu aliran keluar atau penurunan aktiva atau terjadinya kewajiban suatu perusahaan ( atau kombinasi keduanya ) selama periode yang timbul disebabkan oleh kegiatan produksi barang, pengiriman barang, penyerahan jasa atau kegiatan lain yang merupakan kegiatan pokok perusahaan.

9. Keuntungan

Yaitu kenaikan dalam ekuitas dari kegiatan atau transaksi perusahaan yang terjadi secara insindental atau dari semua kegiatan atau kejadian dan kondisi lain yang mempengaruhi ekuitas selama periode waktu tertentu, kecuali yang berasal dari pendapatan atau investasi oleh pemilik.

10. Kerugian

Yaitu penurunan dalam ekuitas dari kegiatan atau transaksi perusahaan yang terjadi secara insindental atau dari semua kegiatan atau kejadian dan kondisi lain yang mempengaruhi ekuitas selama periode waktu tertentu, kecuali yang berasal dari pendapatan atau investasi oleh pemilik.

1 komentar:

Post a Comment

 
;